Friday, August 11, 2006

Retouching

Photobucket - Video and Image Hosting



Pernahkah berphoto dan merasa hasilnya mengecewakan? Pasti! mungkin pencahayaan yang kurang, kurang bergaya, ato pas lagi berjerawat dan itu tampak jelas sekali, atau alasan-alasan yang lain. memamng kesal kalau hal itu terjadi, lebih baik photo-photo seperti itu simpan aja di peti besi dah buang ke laut, hehehehehe . . .

Nah apalagi jika photo itu akan kita kirim kepada seseorang atau kita tunjukkan kepada teman, keluarga, ato teman kerja. Bukankah kita ingin tampak bagus?! Wajar memang, apalagi jika photo itu akan dilihat oleh orang-orang yang potensial? tahu kan maksudnya? itu tu potensial jadi teman hidup alias jodoh. ga mungkinlah kita tunjukkin photo kita yang kucel, berjerawat, gaya yang norak, de el el, de es be . . .hehehehehe . . .

Ada beberapa perbaikan yang akan ro tunjukkan. simple aja, ga perlu terlalu berlebihan. yang pertama kita akan memperbaiki pencahayaan. lalu kita akan menghilangkan hal-hal menggangu seperti jerawat, flek, dan tahi lalat, membuat gigi dan bagian mata menjadi lebih putih bersih, dan yang terakhir, yang sedang trend, merubah warna iris mata.

Yang kita butuhkan ada tiga hal: pertama photo yang ingin kita perbaiki, kedua adalah computer dengan spesifikasi yang mayan bagus, dan program pengolah gambar seperti photoshop.


Kita akan menggunakan kasus photo ro. photo ini diambil ketika ro berada di malang, di rumah kakak ro. photo ini diambil pada sore hari di parkiran mobil.

Nah mari kita lihat apa yang dapat kita lakukan dengan photo ini, perbaikan apa yang akan dilakukan.

Photobucket - Video and Image Hosting

Pertama adalah pencahayaan. saat photo ini diambil, saat itu sore sekitar jam 4, selain itu juga digunakan lampu blitz. ternyata pencahayaan tetap juga kurang. maka kita akan melakukan perbaikan dengan menggunakan tool Curves. nah berbeda bukan?

Photobucket - Video and Image Hosting

Lalu kita akan beralih ke masalah kulit. ada dua tahi lalat yang akan dihapus, lalu spot-spot merah yang adalah jerawat dan juga flek-flek hitam di sekitar pipi.

Tool yang kita gunakan adalah "Healing Brush tool". tool ini kerjanya adalah mengambil titik dari bagian yang kita anggap bagus lalu ditimpakan ke titik yang akan kita hapus. dan hasilnya . .Walla!! . . .bersih bukan?! ga perlu memakai produk pembersihan apalagi operasi . . .

Photobucket - Video and Image Hosting

Cahaya sudah cukup oke, wajah sudah bersih, nah mari kita lihat bagian putih mata yang terlihat kemerahan dan gigi yang tampak kekuningan.


Warna mata putih kita dan warna gigi kita dapat berubah dari waktu ke waktu. seperti kalo kita mengantuk, kelilipan, atau kalao kita sakit, mata kita dapat berubah menjadi merah. warna gigi dipengaruhi oleh makanan dan minuman apa yang kita konsumsi, misalnya terlalu banyak minum kopi dapat membuat gigi kita kuning, atao kalo kita tidak rajin membersihkannya, bisa juga karena efek pencahayaan yang tidak tepat juga dapat merubah warna.

Yang pertama kita lakukan adalah meng'Quick Mask Mode' area yang kita akan putihkan. lalu langkah selanjutnya adalah menggunakan curves tool agar warna mata dan gigi kembali putih, dan Zzzzip . . .putih bersih, well cukup putih . . .karena ro gamau terlalu berlebihan, secukupnya saja.

Photobucket - Video and Image Hosting

Langkah terkhir yang akan dilakukan adalah merubah warna iris mata (sebelumnya sudah disinggung dalam "Ganti Warna". tool yang ro gunakan adalah "Colour Replacement Tool"). catat bahwa tool ini hanya baru ada di versi photoshop CS dan versi selanjutnya, tool ini memudahkan untuk merubah warna mata, selain itu tool ini juga pernah ro pake untuk merubah warna baju. ada banyak kemungkinan warna yang dapat kita pilih sesuai selera, tetapi yang akan kita gunakan adalah warna hijau dan biru.

Photobucket - Video and Image Hosting
Photobucket - Video and Image Hosting
And Well Done!!!

Selesai sudah perbaikan photo ini. memang tidak sebagus hasil di photo studio, tetapi untuk hasilnya yang memang perbaikannya ro tidak ingin berlebihan, ini sudah sangat memuaskan, tertarik?!hehehehehe . . .

Photobucket - Video and Image Hosting

6 comments:

New Girl said...

Wowness. Ajarin dunk aku juga mau dunk belajar :). Do you use photoshop or something?

eSter said...

aku juga doonk... bikiniiiiinnnnn!!!!

Roland Ruben said...

Hai Xen, gampang kok belajar . .di internet banyak kok cara belajar trick-2 Photoshop, coba aja

Roland Ruben said...

Hai Ten . . .kalo mau kirim dong photo ente . .hehehehehe

New Girl said...

susah ga ro?

well i wanna learn how to do it.

mau dech linknya lol.

can't be bothered googling.

Anonymous said...

well, I think U norak bgt!!!! he3x..... sory just joke budy! U look so cool!!! but it's gonna be better if U change your eyes become darker, I mean it was 2 shinny, make it dark again y!!